My Most Favourite Christmas Album of All Time

Natal semakin dekat! Berbagai macam kegiatan menyambut natal telah terlihat di berbagai tempat. Di rumah, gereja, kantor, mall, panti dan lainnya. Setiap umat Kristen antusias membangun suasana natal ditempatnya masing-masing. Ada yang menghias pohon cemara, menggantungkan kaos kaki Sinterklas, menyaksikan Christmas Carol dan lainnya.

Kalau saya membangun suasana natal dengan cara memutar CD-CD natal baik itu di rumah, mobil ataupun di kantor. Lagu-lagu natal selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan setiap menyambut natal, tidak hanya bagi saya tetapi juga bagi setiap umat nasrani. Dalam 2 minggu ini saya mengeluarkan koleksi CD-CD natal dari kotak penyimpanan, dan memutarnya berkali-kali. Walaupun disetiap CD banyak lagu-lagu yang sama, namun masing-masing punya keunikannya sendiri seperti aransemen musik yang berbeda, ritme, corak, tipe dan warna vokal penyanyi-nya.

Saya ingin mencoba membuat daftar album CD natal terfavorit sepanjang masa versi saya, yang pastinya sesuai dengan selera dan cohort saya, dengan alasannya masing-masing. Berikut daftarnya:

1. Clay Aiken – Merry Christmas with Love.

Album CD natal ini merupakan album natal terfavorit saya. Alasannya sederhana: suara Clay Aiken yang yahud dan aransemen musik yang bagus. Jebolan juara 2 American Idol ini memiliki suara yang sangat dasyat! Kemudian repertoire album ini juga mempunyai range yang beragam, dari tradisional Christmas Carol sampai ke contemporary christmas song. Ada juga lagu natal kontemporer yang ditulis ulang, seperti contohnya dalam lagu “Mary, did you know?”, aransemen lagu ini dibuat sangat berbeda dari versi aslinya. Lagu ini membangun suasana mistis namun agung. Ritme dan corak vokal Clay Aiken dalam lagu ini juga terasa sangat emosional dan menjiwai. Seakan membawa kita kembali ke peristiwa kelahiran Tuhan Yesus dengan mencoba merasakan apa yang dipikirkan Maria, bunda Yesus, ketikaYesus dilahirkan. Kemudian di lagu lainnya kita dapat mendengarkan dengan jelas karakter suara Clay yang jernih dan ‘powerful’ seperti di track “Don’t save it all for Christmas Day”. Coba dengarkan suara Clay di refrain ke-3 ketika suaranya refrain-nya naik 1 oktaf dan bervibrasi selama lebih dari 10 detik! Sungguh dasyat.

2. Bob Fitts – Bethlehem Treasure.

Bob Fitts, seorang Penyanyi Gospel handal dan telah memenangkan banyak Dove Awards,  menelurkan satu album natal yang sangat kental dengan perpaduan choir, orkestra dan pop. Album natal ini menyertakan banyak penyanyi Gospel seperti Muschow & Tucker di lagu “We three kings of orient are”, Kelly Willard di “Bethlehem Treasure”, Leny LeBlanc di “O, little town of Bethlehem”, dan Saddleback Superkids Choir di “Away in a manger” dan “Infant holy, Infant lowly”. Lagu pembuka “How great our joy” menyentak dengan harmonisasi suara yang menggerakan mood.  Kemudian dari lagu ke lagu berikutnya dibawakan seumpama sebuah cerita Natal yang indah dan merdu. Dalam album ini dapat didengar suara Choir anak-anak yang merdu dan harmonis di track “Away in a manger”. Dalam lagu ini tidak banyak membunyikan alat musik sehingga sangat pas diputar menjelang malam natal. Kemudian ada aransemen unik pada lagu “O, little town of Bethlehem” yang dinyanyikan oleh Lenny LeBlanc. Lagu tersebut digubah menjadi semi jazz dan pop dengan ketukan yang berbeda dari biasanya. Sepertinya lagu ini sangat pas dengan karakter suara Lenny yang alto. Secara keseluruhan saya sangat menyukai cara menutur album ini dengan lagu-lagunya untuk membangun semarak natal.

3. Mariah Carey – Merry Christmas.

Suara Mariah Carey memang sangat khas di jalur musik pop dan R&B. Namun ketika mengeluarkan album natal, suaranya pun tetap terdengar khas. Dengar saja suara manjanya  di track “All I want for Christmas is you”. Secara keseluruhan dalam album ini Mariah Carey tetap mampu membawa ciri khas natal dengan penuturan ala R&B yang kental, seperti pada track “O Holy Night”. Walau sering berimprovisasi, di track tersebut Mariah sangat berhati-hati dengan improvisasi suara 7 oktaf-nya, sehingga dia mampu membawakannya dengan gemilang tanpa merusak keagungan lagu tersebut. Album ini sangat terasa suasana “Joy” dengan aransemen lagu-lagu upbeat seperti “Joy to the world”, “Santa claus is coming to town”, “All i want for Christmas is you” dan “Hark! The heral angels sings/Gloria Excelsis Deo”.

4. Josh Groban – Noel.

Dengan suara bak malaikat, Josh Groban memberikan sentuhan khidmat dan agung dalam album natalnya “Noel”. Dalam album ini David Foster turut sebagai produser. Komposisi dan aransemen setiap lagu sangat terkesan opera dan orkestratif. Namun ada juga sentuhan R&B seperti dalam lagu “Angel we have heard on high” duet bersama Brian McKnight. Mendengar album natal ini serasa sedang berada di taman eden, “full orchestra and angelic voices“.

5. Don Moen – Christmas

Don Moen sangat terkenal sebagai penyanyi Gospel mainstream, yang menyanyikan lagu-lagu praise & worship dengan berbagai corak musik. Ciri-cirinya tidak berubah dalam album natal Christmas ini. Masih dengan suara khasnya membuat album ini kental suasana Praise & worship. Tidak ada yang kurang dalam komposisi setiap lagu, namun terasa sama seperti mendengarkan album gospelnya yang lain, hanya bedanya bertemakan natal. Namun album ini tetap sangat bagus karena penuh dengan aransemen kelas dunia, dimana sebagian besar musisi pengiring Don Moen adalah para maestro musik. Selain itu, recording album ini sangat baik, dengan terdengar jelasnya suara-suara perkusi yang bukan sekedar pelengkap. Album ini sangat layak dimiliki dan dapat memberikan ketenangan rohani ketika mendengarkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: