Tim ERPA (2)

Dalam satu bulan terakhir, Tim ERPA telah mengadakan pertemuan dengan semua Komisi dan Majelis Bidang. Pembahasan utama dalam setiap pertemuan adalah untuk menyusun matrix kesesuaian antara RPA dengan Misi dan Program yang telah dicanangkan. Ketika melakukan penyusunan, Tim ERPA menjadi fasilitator dan para Komisi dan Mabid memberikan masukannya. Sehingga hasilnya merupakan keputusan bersama.

Banyak hal-hal yang unik yang terjadi dalam setiap pertemuan. Yang paling banyak adalah para Komisi dan Mabid “curhat” kepada Tim ERPA. Mereka curhat akan program-program dan anggaran yang tercatat dalam buku tebal RPA banyak yang kurang pas, tidak sesuai dengan keinginan, atau banyak yang kurang terkoordinir dengan baik. Bila disimpulkan hasil pertemuan-pertemuan tersebut menelurkan 3 temuan umum yaitu:

 1. Pengulangan: Hampir seluruh Program dan Anggaran merupakan pengulangan dari tahun sebelumnya – Copy & Paste   . Dampak: – Program seringkali tidak relevan dengan perubahan lingkungan –RPA kurang relevan dengan Visi & MIsi Gereja yang baru 2009-2015 – Tidak ada dampak di akar rumput (Jemaat).

2. Duplikasi: Banyak program yang sama persis dilakukan di lebih dari satu komisi, contoh; Pemahaman Alkitab (PA), Pelayanan Kasih (PelKas), Persekutuan Doa (PD), Bantuan Natura dll. Dampak: – Tidak terkoordinirnya tema-tema PA sesuai Visi & Misi  –  Konflik kepentingan, dengan perebutan ruangan dan fasilitas Gereja atau “perebutan” partisipan – Memperbesar Resources Gap: kurangnya ruangan, tenaga kategorial, Pendeta – Penghamburan sumber daya: tenaga, uang, makanan, waktu dll.

3. Tumpang Tindih: Banyak program-program dan anggaran yang saling tumpang tindih.  – Mis-koordinasi; ada pembedaan pelaksana program dan pemegang anggaran sehingga tidak terkoordinir dengan baik terutama saat LPJ. – Menyusahkan pertanggung-jawaban dan laporan realisasi.

 

Hingga saat ini begitulah temuan-temuan umum hasil dari pertemuan kami dengan para Komisi dan Mabid. Malam hari ini kami akan menyampaikan hasil temuan ini kepada Tim RPA. Semoga pertemuan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan masing-masing kami dapat melihat benang merahnya bersama, dan memohon Tuhan menerangi hati dan pikiran kami.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: