Tim ERPA (1)

Di gereja kami dibentuk sebuah Tim ERPA (Evaluasi Rencana Program dan Anggran) yang bertugas untuk memberikan penilaian atas pelaksanaan Rencana Program dan Anggaran (RPA) masing-masing Komisi dan Majelis Bidang. Tim ini terbentuk lagi setelah sekian lama, dalam sejarah gereja, menghilang. Dan Tim ERPA ini baru memulai tugasnya pada pertengahan bulan Oktober lalu.

Tim ini berjumlah 10 orang yaitu 3 penatua aktif + 6 mantan penatua + saya (saya bukan penatua tetapi jemaat biasa) + 1 pendeta emeritus. Setiap anggota mempunyai keragaman dan latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang pernah bekerja di Bank, Konstraktor, dll. Dalam hal pengalaman pelayanan beberapa diantaranya merupakan mantan petinggi gereja.

Tugas pertama yang dilakukan adalah menghubungkan (linking) setiap poin RPA terhadap butir-butir Visi dan Misi Gereja 2009-2015. Kami menggunakan buku RPA setebal +/- 300 halaman sebagai acuan. Buku tersebut disusun oleh Sekretaris Umum (SekUm) gereja, yang isinya kompilasi mata program dan anggaran semua Komisi dan Mabid.

Kami berharap dapat mengerti RPA ketika membacanya. Namun yang kami dapatkan hanyalah mata anggaran saja. Didalam buku RPA tidak ada penjabaran dan penjelasan Program-program yang akan dilaksanakan. Jadi mungkin namanya bukan buku RPA tetapi lebih tepatnya buku RA (rencana anggaran).

Dampaknya kami harus lebih krearif lagi dalam memahami maksud, tujuan dan sasaran dari setiap mata anggaran tersebut. Akhirnya metode yang kami pakai sebagian besar brainstorming, dimana sebagian besar dari kami yang berpengalaman menjadi pengurus Komisi mencoba menjelaskan mata anggaran tersebut. Hasilnya adalah draft matrix misi dengan program.

Kemudian berikutnya kami akan mengadakan pertemuan dengan setiap Komisi dan Mabid untuk menajamkan matrix-matrix sesuai. Nantinya setelah semua rampung, kami akan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada Tim RPA atas hasil analisa kami. Regards,
Danny D. Kosasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: