3 tantangan pertumbuhan Gereja

Seperti bayi yang bertumbuh beranjak dewasa, begitu jugalah Gereja. Dalam proses pertumbuhannya, Gereja menghadapi 3 tantangan besar.

Tantangan pertama adalah tantangan waktu. Gereja yang baru terbentuk ibarat bayi, kemudian menjadi anak-anak, remaja, pemuda dan beranjak dewasa. Umur Gereja menjadi indikator. Misalkan Gereja GKI Kebayoran Baru telah berdiri atau bermur 50 tahun di tahun 2006. Pertanyaan kuncinya bagaimanakah kondisi gereja dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun.

Kemudian tantangan kedua ialah tantangan jaman. Gereja hidup pada jamannya masing-masing. Ada Gereja yang mengalami hidup di zaman pra-kemerdekaan, jaman orde lama, jaman orde baru dan seterusnya. Setiap jaman menorehkan sejarah dan peristiwa-peristiwa unik. Pertanyaan kunci: bagaimanakah Gereja dapat bertahan terhadap perubahan jaman?

Tantangan ke 3: tantangan generasi jemaat. Dalam setiap komposisi jemaat Gereja, normalnya memiliki generasi muda, dewasa, dan lanjut usia. Seiring berjalannya waktu generasi muda menjadi dewasa, dewasa menjadi lanjut usia dan bertambah dengan masuknya generasi anak-anak. Setiap generasi dipengaruhi dengan konteks perubahan waktu dan jaman yang disebutkan dalam tantangan 1 dan 2. Pertanyaan kuncinya: bagaimanakah regenerasi Gereja berjalan?

Ketiga pertanyaan-pertanyaan diatas patut direnungkan untuk menhadapi tantangan pertumbuhan Gereja. Gereja yang baik tentunya siap dengan perencanaan pertumbuhan, dan dengan kerendahan hati membawa rencana itu dibawah kehendak dan rencana agung Tuhan bagi Gereja. Regards,
Danny D. Kosasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: